AIBeritaTeknologi

Apa itu Kecerdasan Buatan (AI) dan Bagaimana Cara Kerjanya

201
×

Apa itu Kecerdasan Buatan (AI) dan Bagaimana Cara Kerjanya

Share this article
AI nuclear energy background, future innovation of disruptive technology

Ringkasid.com – Kecerdasan Buatan (AI) adalah kemampuan komputer atau mesin untuk meniru kemampuan manusia dalam mempelajari, berpikir, dan mengambil keputusan. AI memanfaatkan algoritma dan pemodelan matematika untuk menganalisis data, mengenali pola-pola kompleks, dan membuat prediksi yang akurat.

Pada dasarnya, AI bekerja dengan cara mengumpulkan data yang relevan dari lingkungan sekitarnya. Kemudian data tersebut akan diproses oleh komputer menggunakan algoritma tertentu untuk mengidentifikasi pola atau aturan yang terkait dengan masalah yang ingin diselesaikan.

AI dapat menggunakan berbagai metode seperti machine learning, deep learning, natural language processing (NLP), dan neural networks. Dalam proses pembelajaran mesin (machine learning), AI akan diberikan input data dan output yang diinginkan. Melalui iterasi berulang kali, sistem belajar untuk meningkatkan keakuratan prediksi atau tugas tertentu.

Selain itu, AI juga dapat bekerja dengan menggunakan logika formal atau aturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam pendekatan ini, sistem diberikan aturan-aturan logis dan kemudian menerapkan aturan tersebut pada setiap situasi yang dihadapi.

Secara keseluruhan, kecerdasan buatan telah membuka banyak peluang baru dalam berbagai bidang seperti kesehatan, otomotif, finansial, dan lain-lain. Dengan terus berkembangnya teknologi ini, kita dapat melihat semakin banyak aplikasi AI yang memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari kita.